Sunday, April 21, 2013

STRATEGI PEMBERDAYAAN BMT DAN ALTERNATIF MEMBANGUN EKONOMI SYARIAH MENURUT ETIKA ISLAM


Perkembangan Baitul maal wa tamwil di Indoneia cukup menggembirakan bila dilihat dari segi kuantitas. Informasi terakhir menyebutkan telah berdiri sebanyak 3037 BMT di Indonesia, dengan total asset sebesar Rp. 300 miliar dan dana swadaya masyarakat senilai Rp. 264 miliar. Dan kami optimis jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat masih besarnya peluang BMT untuk menggarap sektor riil di Indonesia. Jumlah lembaga keuangan mikro (LKM) saat ini diduga tak kurang berjumlah mencapai 9000 LKM. Jumlah BMT di seluruh Indonesia diperkirakan sebayak 3.307 unit dengan aset sekitar Rp 1, 5 trilyun. Artinya, hampir separuh dari LKM nasional adalah BMT. Secara individual, BMT sangat bervariasi. Tidak sedikit BMT yang mengelola aset di atas Rp 10 M dengan jumlah nasabah di atas 3.000 ribuan orang, meskipun juga banyak BMT yang asetnya kurang dari Rp 50 juta dan nasabahnya kurang dari 500-an orang.
Baitul maal wa tamwil masih memiliki peluang yang besar dalam industri keuangan. Data terakhir menurut Badan Pengelolaan Statistik (BPS) menyebutkan bahwa ada 39.121.350 pengusaha kecil, 55.437 pengusaha menengah, dan 39.176.787 pengusaha UKM, dan 40.137.773 usaha kecil. Dan tentunya unit usaha kecil tersebut perlu pendanaan dan pembinaan dari lembaga keuangan. Euforia menjamurnya BMT harus disikapi secara bijak. Di satu sisi, perkembangan tersebut adalah suatu yang menggembirakan, namun di sisi yang lain akuntabilitas keuangan BMT-BMT tersebut patut dipertanyakan. Jika pelaporan keuangan Bank Syari’ah dan BPR Syari’ah relatif dapat dipertanggungjawabkan karena harus didasarkan pada ketentuan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dan Pedoman Akuntansi Perbankan Syari’ah Indonesia (PAPSI) dan selalu dipantau oleh Bank Indonesia, namun tidak demikian halnya dengan BMT, meskipun jenis kegiatannya hampir sama. Selanjutnya, BMT dikenal sebagai lembaga keuangan mikro syariah yang paling dekat dengan rakyat kecil. Hal ini tidak berlebihan mengingat operasional BMT yang menjangkau usaha kecil yang tidak bisa dijangkau oleh lembaga keuangan lainnya seperti bank syariah atau BPRS. Dilihat dari faktor tersebut maka penulis optimis bahwa ke depan BMT masih tetap dibutuhkan bagi pemberdayaan perekonomian negara.
BMT dalam perkembangannya sejauh ini dipandang belum sepenuhnya mampu menjawab masalah nyata ekonomi yang ada dikalangan masyarakat. Banyak kendala yang dihadapi BMT diantaranya masih rendahnya paradigma berpikir serta respon masyarakat terhadap sistem syariah. BMT masih memiliki keterbatasan kinerja dalam menjangkau para nasabah pengusaha kecil dan mikro. Sementara keluhan yang paling banyak diajukan oleh responden adalah plafon maksimal pinjaman masih kecil sera pinjaman yang dicairkan lebih kecil dari yang diajukan. Keluhan lainnya adalah ratio bagi hasil atau mark up. Ratio bagi hasil atau mark up yang harus di serahkan ke BMT terlalu besar bahkan bisa lebih besar dari angsuran pinjaman dan bunganya ke bank. Keluhan ini setidaknya menunjukan bahwa pemahaman mitra terhadap sistem bagi hasil tidak sama dengan pemahaman BMT. Meskipun secara konsep BMT, merupakan instansi yang bermanfaat bagi masyarakat. Namun dalam aplikasi di lapangan sering kali kita melihat BMT-BMT yang keluar dari jalur syariah, umumnya mereka lebih condong ke arah baitul tamwil yang mempunyai orientasi ke arah profit oriented dari pada ke arah baitul maal yang mempunyai orientasi pada tujuan sosial dan bersifat nirlaba. Melihat kecenderungan ini perlu ada pengawasan yang intensif dalam pengeolaannya sehingga citra BMT tidak menjadi buruk.
Bila kita analisis dari perspektif kualitas maka masih banyak yang harus diperbaiki di tubuh BMT. Pendanaan yang kurang baik dari segi jumlah maupun waktu, kredit macet, rendahnya kualitas sumberdaya manusia yang mengelolanya, produk yang hanya meminjam istilah syariah, adalah beberapa contoh dari kekurangan BMT selama ini. Akibatnya, masih banyak masyarakat yang berhubungan dengan rentenir meskipun di wilayahnya telah ada BMT, usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) masih kesulitan dalam pendanaan, dan respon masyarakat terhadap keberadaan BMT masih jauh dari yang diharapkan. Pembinaan BMT tidak dilakukan oleh BI, oleh karenanya diluar ketentuan PSAK dan PAPSI, disamping karena dianggap sebagai bentuk Koperasi. Namun demikian, BMT merupakan “anak tiri” dari Departemen Koperasi yang kurang mendapat perhatian terutama dari aspek akuntabilitasnya. Besarnya ‘ghirah’ dan dana masyarakat dalam BMT akan berujung kekecewaan manakala akuntabilitas BMT-BMT tersebut terabaikan.
Baitul maal wa tamwil perlu merumuskan suatu manajemen strategis untuk bisa mereduksi kekurangan-kekurangan tesebut. Dalam hal ini kami tidak bermaksud mengatakan bahwa BMT belum mengimplementasikan suatu manajemen strategis, karena pastinya BMT sebagai suatu organisasi telah melakukannya meskipun masih bersifat informal, sehingga mungkin dampaknya kurang signifikan. Dengan manajemen strategis, BMT akan berusaha menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal organisasi, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) internal dan dibandingkan dengan peluang (opportunity) dan ancaman (threath) eksternal, sehingga BMT dapat membuat dan memilih strategi apa yang layak untuk digunakan. Hal mendasar yang harus segera diselesaikan adalah strategi BMT dalam kaitannya dengan human capital. Masalah sumberdaya manusia adalah masalah krusial dalam suatu operasionalisasi organisasi, karena sebagian besar kebangkrutan organsasi disebabkan oleh rendahnya kualitas pengelolanya. Berbicara tentang pengelolaan sumberdaya manusia di BMT maka tidak lepas dari kualitas skill dan kualitas spiritual. Kualitas skill merujuk pada perilaku profesional dari pengelola BMT dalam mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Berkaitan dengan hal tesebut maka BMT perlu melakukan program-program yang dapat meningkatkan profesionalisme pengurus melalui pelatihan kepemimpinan, workshop, ataupun pembinaan manajerial. Sedangkan kualitas spiritual lebih merujuk pada implementasi nilai-nilai Islam pada setiap aktivitas pengelola BMT. Dalam hal ini maka peran ulama’ sangatlah penting untuk mencetak kader-kader yang handal untuk mengelola BMT.
Dalam kaitannya dengan personel di tingkat top management adalah penting untuk diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh pemimpin tersebut yang berdampak pada kinerja pengurus lainnya. Menurut Robbins (2003:62), dalam lingkungan organisasi yang menuntut perubahan, maka tipe pemimpin transformasional adalah lebih efisien. Selanjutnya dijelaskan bahwa pemimpin transformasional adalah pemimpin yang memberikan pertimbangan dan rangsangan intelektual yang di-individualkan, dan yang memiliki kharisma. Pemimpin akan mampu meningkatkan ekspektasi hasil pengurus BMT untuk lebih mengutamakan kepentingan tim/orgamisasi daripada kepentngan individu tanpa harus mengurangi kinerja individu. Dengan kharisma yang dimiliki maka pemimpin akan mampu mengarahkan pengurus agar berperilaku sesuai visi dan misi BMT dalam operasional sehari-hari.
Selanjutnya, dibutuhkan suatu strategi inovasi dalam kaitannya dengan produk yang dihasilkan organisasi. Hal ini disebabkan inovasi memegang peranan penting dalam menjaga kelangsungan hidup BMT dalam industri lembaga keuangan. BMT dapat menggunakan strategi penetrasi pasar (market penetration) dimana BMT mencari pangsa pasar yang lebih besar untuk produk/jasa yang sudah dihasilkan melalui aktivitas pemasaran yang gencar. Selanjutnya BMT bisa menggunakan pengembangan pasar (market development) dimana BMT memperkenalkan produk/jasa yang sudah ada ke wilayah geografi yang baru. Strategi pengembangan produk (product development) juga dapat diterapkan melalui peningkatan penjualan dengan memperbaiki produk/jasa yang sudah ada atau mengembangkan produk yang baru. BMT juga dapat mengunakan strategi diversifkasi konsentiris (concentric diversification) dimana terjadi penambahan produk/ jasa baru yang masih ada kaitannya dengan produk/jasa utama BMT. Pada akhirnya dengan inovasi yang handal maka BMT akan mampu membuat diferensiasi dengan lembaga keuangan mikro lainnya sehingga eksistensinya tetap terjaga.
Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam inovasi produk, BMT tidak boleh melanggar dari aturan syariah. Diperlukan kerjasama dengan Dewan pengawas Syariah atau Dewan Syariah Nasional agar produk yang dihasilkan benar-benar sesuai aturan Islam. Sehingga tingkat kepercayaan masyarakat terhadap BMT bisa meningkat dan tidak akan ada opini bahwa BMT hanya mendompleng istilah syariah tanpa tahu esensinya. Salah satu pilar bagi pengembangan BMT adalah modal yang kuat. Ke depannya, BMT harus membangun link-link yang kuat dengan para stakeholder. Strategi yang digunakan misalnya dengan menjadi bagian dari Linkage program antara Bank syariah-BPRS-BMT. Dimana BMT sebagai perpanjangan tangan dari perbankan syariah yang menyalurkan dana ke Usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) yang selama ini sulit dijangkau oleh bank syariah. Dengan Linkage program, maka BMT bisa meningkatkan ketersediaan dananya.

2.2  Membangun Ekonomi Syariah menurut Etika Islam
Dalam perkembangan kontemporer ini, dunia Islam sedang melewati salah satu fase sejarah dunia yaitu masa krisis global. Di tengah krisis global dengan sistem kontemporer yang bebas nilai dan hampa nilai, dominasi pusaran faham kapitalis dan sosialis, kita menemukan Islam sebagai suatu sistem yang mampu memberikan daya tawar positif, dengan menghadirkan nilai-nilai etika dan moral yang lengkap serta mengajarkan semua dimensi kehidupan. Keunikan pendekatan Islam terletak pada sistem nilai yang salah satunya mewarnai tingkah laku ekonomi masyarakat. Dalam Islam diajarkan nilai-nilai dasar ekonomi yang bersumber pada ajaran tauhid. Islam lebih dari sekedar nilai-nilai dasar etika ekonomi, seperti: keseimbangan, kesatuan, tanggung jawab dan keadilan, tetapi juga memuat keseluruhan nilai-nilai yang fundamental serta norma-norma yang substansial agar dapat diterapkan dalam operasional lembaga ekonomi Islam di masyarakat.
Umer Chapra menjelaskan bahwa pembangunan ekonomi Islam dibangun berdasarkan nilai-nilai etika dan moral serta mengacu pada tujuan syari’at (maqashid al-syari’ah) yaitu memelihara iman (faith), hidup (life), nalar (intellect), keturunan (posterity) dan kekayaan (wealth). Konsep ini menjelaskan bahwa siostem ekonomi hendaknya dibangun berawal dari suatu keyakinan (iman) dan berakhir dengan kekayaan (property). Pada gilirannya tidak akan muncul kesenjangan ekonomi atau pedrilaku ekonomi yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syari’at. Perkembangan ekonomi syari’ah di Indonesia boleh dikatakan mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan banyak berdirinya lembaga keuangan yang secara konsep maupun operasionalnya menggunakan prinsip-prinsip syari’ah.
Beberapa kalangan membuat penilaian bahwa dari segi keberadaan dan peranan lembaga Keuangan syari’ah dirasakan belum maksimal, sedangkan mengukur dari segi sosialisasi sistem ekonomi syari’ah kepada masyarakat relatif masih terbatas. Padahal sosialisasi ekonomi syari’ah kepada masyarakat merupakan aspek penunjang dalam strategi pemberdayaan ekonomi syari’ah di Indonesia. Wawasan dan pengetahuan tentang ekonomi syari’ah umumnya hanya di kalangan akademisi dan praktisi lembaga keuangan syari’ah, sedangkan masyarakat bawah belum tentu mengenal dan memahaminya secara jelas. Padahal ekonomi syari’ah merupakan sistem ekonomi yang lebih memberikan daya tawar positif, bukan hanya dari aspek hukum (syari’at), tetapi juga bisa menjadi sistem ekonomi alternatif yang dapat mendukung proses pembangunan ekonomi di Indonesia. Basis utama sistem ekonomi syari’ah sesungguhnya terletak pada aspek kerangka dasarnya yang berlandaskan syari’at, tetapi juga pada aspwek tujuannya yaitu mewujudkan suatu tatanan ekonomi masyarakat yang sejahtera berdasarkan keadilan, pemerataan dan keseimbangan. Atas dasar itu, maka pemberdayakan ekonomi syari’ah di Indonesia hendaknya dilakukan dengan strategi yang ditujukan bagi perbaikan kehidupan dan ekonomi masyarakat. Tuntutan masyarakat dewasa ini terutama di lapisan masyarakat bawah adalah bagaimana memenuhi kebutuhan hidup mereka yang paling mendasar.
Sistem ekonomi Islam memiliki pijakan yang sangat tegas bila dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal dan sosialis yang saat ini mendomiinasi sistem perekonomian dunia. Sistem ekonomi liberal lebih menghendaki suatu bentuk kebebasan yang tidak terbatas bagi individu dalam memperoleh keuntungan (keadilan distributif), dan sosialisme menekankan aspek pemerataan ekonomi (keadilan yang merata), menenentang perbedaan kelas sosial dan menganut azas kolektivitas. Adapun sistem ekonomi syari’ah mengutamakan aspek hukum dan etika yakni adanya keharusan menerapkan prinsip-prinsip hukum dan etika bisnis yang Islami, antara lain: Prinsip ibadah (al-tauhid), persamaan (al-musawat), kebebasan (al-hurriyat), keadilan (al-‘adl), tolong-menolong (al-ta’awun) dan toleransi (al-tasamuh). Prinsip-prinsip tersebut merupakan pijakan dasar dalam sistem ekonomi syari’ah, sedangkan etika bisnis mengatur aspek hukum kepemilikan, pengelolaan dan pendistribusian harta, yakni menolak monopoli, eksploitasi dan diskriminasi serta menuntut keseimbangan antara hak dan kewajiban.
Prinsip-prinsip dan etika bisnis itulah yang kini menjadi landasan operasional lembaga-lembaga keuangan syariah di Indonesia. Dalam kerangka praktis prinsip-prinsip dan etika bisnis tersebut diimplementasikan dalam berbagai produk jasa dan layanan lembaga keuangan syari’ah yang menggunakan mekanisme bagi hasil (profit sharing). Oleh karena itu, masyarakat akan memperoleh berbagai keuntungan dari jasa dan layanan lembaga keuangan syari’ah, antara lain: Pertama, adanya jaminan keuntungan hasil investasi yang jelas, terukur dan rasional; Kedua, adanya jaminan aspek hukum dan keamanan investasi; Ketiga, transaksi dapat dilakukan dalam rentang waktu jangka pendek dan jangka panjang; Keempat, terhindar dari praktek-praktek bisnis yang monopolistik, eksploitatif dan diskriminatif; dan Kelima, adanya jaminan kesetaraan hak dan kewajiban antara pihak-pihak yang melakukan transaksi. Keadaan demikian, memungkinkan bagi lembaga keuangan syari’ah terhindar dari praktek bunga yang jelas mengandung suatu kesamaran (gharar) dan melipatgandaan keuntungan (riba). Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk meragukan lembaga kuangan syari’ah baik dari segi hukum, etika, kejelasan untung dan rugi serta ketahanan institusi dari keadaan pailit.
Kelebihan utama praktek bagi hasil tidak didasarkan kepada ketentuan yang kaku, tetapi bersifat kondisional dalam membagi keuntungan antara pihak yang melakukan transaksi. Kedua belah pihak dapat saling berbagi keuntungan dan kerugian berdasarkan pertimbangan kelayakan dan rasionalitas. Atas dasar itu, maka tidak tepat pula jika mengatakan ekonomi syari’ah tidak memberikan solusi bagi perbaikan ekonomi masyarakat di Indonesia. Karena dalam faktanya keberadaan lembaga-lembaga keuangan syari’ah yang baru berkembang sejak tahun 1992 cukup kokoh bertahan. Tingkat ketahanan lembaga keuangan syari’ah dari terpaan badai krisis ekonomi dan moneter jauh lebih kuat diabndingkan lembaga keuangan konvensional. Sebab prinsip utama yang digunakan tidak bergantung kepada patokan suku bunga yang cenderung berubah, tetapi didasarkan kepada fluktuasi keuntungan hasil usaha yang diperoleh.

2.3  Dasar-Dasar Etika Ekonomi Islam
Fenomena menarik di kalangan umat Islam saat ini adalah terdapat realitas bahwa masyarakat muslim relatif tertinggal secara ekonomi dari pada masyarakat non muslim. Sehingga melahirkan stigma berfikir yang kolektif dan cita-cita untuk membangun tatanan ekonomi yang berdasarkan etika ekonomi Islam. Perumusan etika ekonomi Islam dalam setiap kegiatan bisnis diperlukan untuk memandu segala tingkah laku ekonomi di kalangan masyarakt muslim. Etika bisnis Islami tersebut selanjunya dijadikan sebagai kerangka praktis yang secara fungsional akan membentuk suatu kesadaran ber-agama dalam melakukan setiap kegiatan ekonomi (religiousness economyc practical guidance). Etika ekonomi Islam, sebagaimana dirumuskan oleh para ahli ekonomi Islam adalah suatu ilmu yang mempelajari aspek-aspek kemaslahatan dan kemafsadatan dalam kegiatan ekonomi dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauhmana dapat diketahui menurut akal fikiran (rasio) dan bimbingan wahyu (nash). Etika ekonomi dipandang sama dengan akhlak, karena keduanya sama-sama membahas tentang kebaikan dan keburukan pada tingkah laku manusia.
Sedangkan tujuan etika Islam menurut kerangka berfikir filsafat adalah memperoleh suatu kesamaan ide bagi seluruh manusia di setiap waktu dan tempat tentang ukuran tingkah laku baik dan buruk sejauhmana dapat dicapai dan diketahui menurut akal fikiran manusia. Namun demikian, untuk mencapai tujuan tersebut, etika ekonomi Islam mengalami kesulitan karena pandangan masing-masing golongan di dunia ini berbeda-beda perihal standar normatif baik dan buruk. Masing-masing mempunyai ukuran dan kriteria yang berbeda-beda pula. sebagai cabang dari filsafat, ajaran etika bertitik tolak dari akal fikiran dan tidak dari ajaran agama.
Adapun dalam Islam, ilmu akhlak dapat difahami sebagai pengetahuan yang mengajarkan tentang kebaikan dan keburukan berdasarkan ajaran Islam yang bersumber kepada akal dan wahyu. Atas dasar itu, maka etika ekonomi yang dikehendaki dalam islam adalah perilaku sosial-ekonomi yang harus sesuai dengan ketentuan wahyu serta fitrah dan akal pikiran manusia yang lurus. Di antara nilai-nilai etika ekonomi islam yang terang-kum dalam ajaran filsafat ekonomi Islam adalah terdapat dua prinsip pokok: Pertama, Tauhid. Prinsip tauhid ini mengajar-kan manusia tentang bagaimana mengakui keesaan Allah. Sehingga terdapat suatu konsekwensi bahwa keyakinan ter-hadap segala sesuatu hendaknya berawal dan berakhir hanya kepada Allah SWT. Keyakinan yang demikian, dapat mengantar seorang muslim untuk menyatakan bahwa: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku adalah semata-mata demi Allah, Tuhan seru sekalian alam”. Prinsip ini kemudian menghasilkan kesatuan-kesatuan sinergis dan saling terkait dalam kerangka tauhid. Tauhid diumpmakan seperti ber-edarnya planet-planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari. Kesatuan-kesatuan dalam ajaran tauhid hendaknya berimplikasi kepada kesatuan manusia dengan tuhan dan kesatuan manusia dengan manusia serta kesatuan manusia dengan alam sekitarnya.
Kedua, prinsip keseimbangan mengajarkan manusia tentang bagaimana meyakini segala sesuatu yang diciptakan Allah dalam keadaan seimbang dan serasi. Hal ini dapat difahami dari al-Qur’an yang telah menjelaskan bahwa: “Engkau tidak menemukan sedikitpun ketidakseimbangan dalam ciptaan Yang Maha Pengasih. Ulang-ulanglah meng-amati apakah engkau melihat sedikit ketimpangan”. Prinsip ini menuntut manusia bukan saja hidup seimbang, serasi dan selaras dengan dirinya sendiri, tetapi juga menuntun manusia untuk mengimplementasikan ketiga aspek tersebut dalam kehidupan.
Prinsip tauhid mengantarkan manusia dalam kegiatan ekonomi untuk meyakini bahwa harta benda yang berada dalam genggamannya adalah milik Alah SWT. keberhasilan para pengusaha bukan hanya disebabkan oleh hasil usahanya sendiri tetapi terdapat partsisipasi orang lain. Tauhid yang akan menghasilkan keyakinan pada manusia bagi kesatuan dunia dan akhirat. Tauhid dapat pula mengantarkan seorang pengusaha untuk tidak mengejar keuntungan materi semata-mata, tetapi juga mendapat keberkahan dan keuntungan yang lebih kekal. Oleh karena itu, seorang pengusaha dipandu untuk menghindari segala bentuk eksploitasi terhadap sesama manusia. Dari sini dapat dimengerti mengapa Islam melarang segala praktek riba dan pencurian, tetapi juga penipuan yang terselubung. Bahkan Islam melarang kegiatan bisnis hingga pada menawarkan barang pada disaat konsumen menerima tawaran yang sama dari orang lain.
Demikian halnya dengan prinsip keseimbangan akan mengarahkan umat Islam kepada pencegahan segala bentuk monopoli dan pemusatan kekuatan ekonomi hanya pada satu tangan atau satu kelompok tertentu saja. Atas dasar ini pula, al-Qur’an menolak dengan sangat tegas daur sempit yang menjadikan kekayataan hanya berkisar pada orang atau kelompok tertentu :“Supaya harta itu tidak hanya beredar pada orang-orang kaya saja dia antra kamu”. Umat Islam dilarang tegas melakukan penimbunan dan pemborosan. Ayat ini menjadi dasar bagi pemberian wewenang kepada penguasa untuk mencabut hak-hak miliki perusahaan spekulatif yang melakukan penimbunan, penye-lundupan dan yang mengambil keuntungan secar berlebihan, karena penimbunan mengakibatkan kenaikan harga yang tidak semestinya, “Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan”. Pemborosan dan sikap konsumtif dapat menim-bulkan kelangkaan barang-barang yang dapat menimbulkan ketidakseimbnagan yang diakibatkan kenaikan harga-harga. Dalam rangka memelihara keseimbangan ekonomi, Islam menegaskan pemerintah untuk mengontrol harga-harga yang tidak wajar dan cenderung spekulatif tersebut, yakni dengan berpegang kepada etika ekonomi Islami.

2.4  Etika Islami dalam Praktek Bisnis
Dari prinsip di atas, maka seorang pelaku bisnis atau wirausaha menurut pandangan Etika Islam ketika berdagang tidak hanya bertujuan mencari keutungan sebesar-besarnya, akan tetapi mencari dan mencapai keberkahan. Keberkahan usaha adalah kemantapan dari usaha itu dengan memper-oleh keuntungan yang wajar dan diridhai oleh Allah SWT. Untuk memperoleh keberkahan dalam jual beli, Islam mengajarkan prinsip-prinsip etis sebagai berikut :
1.    Jujur dalam takaran dan timbangan, Allah berfirman QS al-Muthafifin 1-2: “Celakalah bagi orang yang curang. Apabila mereka menimbang dari orang lain (untuk dirinya, dipenuhkan timbangannya). namun, apabila mereka menimbang (untuk orang lain) dikuranginya”.
2.    menjual barang yang halal. Dalam salah satu hadits nabi menyatakan bahwa Allah mengharamkan sesuatu barang, maka haram pula harganya (diperjualbelikan).
3.    Menjual barang yang baik mutunya. Dalam berbagai hadits Rasulullah melarang menjual buah-buahan hingga jelas baiknya.
4.    Jangan menyembunyikan cacat barang. Salah satu sumber hilangnya keberkahan jual beli, jika seseorang menjual barang yang cacat yang disembunyikan cacatnya. Ibnu Umar menurut riwayat Bukhari, memberitakan bahwa seorang lelaki menceritakan kepada Nabi bahwa ia tertipu dalam jual beli. Sabda Nabi ; “ apabila engkau berjual beli, katakanlah : tidak ada tipuan”.
5.    Jangan main sumpah. Ada kebiasaan pedagang untuk meyakinkan pembelinya dengan jalan main sumpah agar dagangannya laris. Dalam hal ini Rasul memperingatkan : “sumpah itu melariskan dagangan, tetapi menghapuskan keberkahan”. (HR Bukhari).
6.     Longgar dan bermurah hati. Sabda Rasulallah: “Allah mengasihi orang yang bermurah hati waktu menjual, waktu membeli dan waktu menagih hutang”. (H.R. Bukhari). Kemudian dalam hadits lain Abu Hurairah memberitakan bahwa Rasulullah bersabda: “ada seorang pedagang yang mempiutangi orang banyak. Apabila dilihatnya orang yang ditagih itu dalam dalam kesem-pitan, dia perintahkan kepada pembantu-pembantunya.” Berilah kelonggaran kepadanya, mudah-mudahan Allah memberikan kelapangan kepada kita”. Maka Allah pun memberikan kelapangan kepadanya “ (H.R. Bukhari).
7.    Jangan menyaingi kawan. Rasulullah telah bersabda: “janganlah kamu menjual dengan menyaingi dagangan saudaranya”.
8.    Mencatat hutang piutang. Dalam dunia bisnis lazim terjadi pinjam-meminjam. Dalam hubungan ini al-Qur’an mengajarkan pencatatan hutang piutang. Gunanya adalah untuk mengingatkan salah satu pihak yang mungkin suatu waktu lupa atau khilap : “hai orang-orang yang beriman, kalau kalian berhutang-piutang dengan janji yang ditetapkan waktunya, hendaklah kalian tuliskan. Dan seorang penulis di antara kalian, hendaklah menuliskannya dengan jujur. Janganlah penulis itu enggan menuliskannya, sebagaimana telah diajarkan oleh Allah kepadanya”.
9.    Larangan riba sebagaimana Allah telah berfirman: “Allah menghapuskan riba dan menyempurnakan kebaikan shadaqah. Dan Allah tidak suka kepada orang yang tetap membangkang dalam bergelimang dosa”.
10.    Anjuran berzakat, yakni menghitung dan mengeluarkan zakat barang dagangan setiap tahun sebanyak 2,5 % sebagai salah satu cara untuk membersihkan harta yang diperoleh dari hasil usaha.
Berkenaan dengan hal itu, Islam sebagai ajaran yang universal memberikan pedoman tentang kegiatan ekonomi berupa prinsip-prinsip dan asas-asas muamalah. Juhaya S. Praja menyebutkan terdapat beberapa prinsip hukum eko-nomi Islam, antara lain:
1.    Prinsip la yakun dawlatan bayn al-agniya, yakni prinsip hokum ekonomi yang menghendaki pemerataan dalam pendistribusian harta kekayaan.
2.    Prinsip antaradin, yakni pemindahan hak kepemilikan atas harta yang dilakukan secara sukarela.
3.    Prinsip tabadul al-manafi’, yakni pemindahan hak atas harta yang didasarkan kepasa azas manfaat.
4.    Prinsip takaful al-ijtima’, yakni pemindahan hak atas harta yang didasarkan kepada kepentingan solidaritas sosial.
5.    Prinsip haq al-lah wa hal al-adami, yakni hak pengelolaan harta kekayaan yang didasarkan kepada kepentingan milik bersama, di mana individu maupun kelompok dapat saling berbagi keuntungan serta diatur dalam suatu mekanisme ketatanegaraan di bidang kebijakan ekonomi.
Di samping prinsip-prinsip tersebut, dalam sistem ekonomi Islam dijelaskan pula berbagai ketentuan yang terangkum dalam azas-azas muamalah. Ahmad Azhar Basyir telah menjelaskan tentang azas-azas muamalah dalam hukum ekonomi Islam, antara lain:
1.    Asas kehormatan manusia (QS 17: 70).
2.    Asas kekeluargaan dan kemanusiaan (QS 49: 13).
3.    Asas gotong-royong dalam kebaikan (QS 5: 2).
4.    Asas keadilan, kelayakan dan kebaikan (QS 16: 90).
5.    Asas menarik manfaat dan menghindari madharat (QS 2: 282).
6.    Asas kebebasan dan kehendak (QS 2: 30).
7.    Asas kesukarelaan (QS 4: 39)
Berdasarkan prinsip-prinsip dan azas-azas ekonomi itulah, maka pelaksanaan hukum Islam dalam kegiatan eko-nomi diwujudkan dalam bentuk lembaga-lembaga keuangan syari’ah. Disadari atau tidak, kepentingan untuk mengem-bangkan lembaga keuangan dan perbankan syari’ah bukan lagi merupakan tuntutan di kalangan umat Islam, tetapi telah menjadi kebutuhan umum.



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Demikianlah penjelasan singkat tentang ekonomi syari’ah yang mendasarkan sistem ekonominya kepada tujuan syari’ah (maqashid syari’ah) dan prinsip-prinsip etika yang diajarkan Islam untuk diterapkan dalam praktek bisnis dan kewirausahaan yang memiliki dimensi Keberkahan yaitu memperoleh keuntungan baik di dunia maupun di akhirat. Etika merupakan suatu pedoman moral bagi semua tindakan manusia dan menjadi sumber pemikiran baik buruk tindakan itu. Agama merupakan kepercayaan akan sesuatu kekuatan supranatural yang mengatur dan mengendalikan kehidupan manusia. Etika Islam mengatur segala aspek termasuk ekonomi bahwa mesti ada kesepadanan untuk membedakan antara kebaikan dan keburukan.
Praktik ekonomi, bisnis, wirausaha dan lainnya yang bertujuan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, diperintahkan dan dipandu baik oleh aturan-aturan ekonomi yang bersifat rasional maupun dituntun oleh nilai-nilai agama.




DAFTAR PUSTAKA
A.Karim, Adiwarman. 2010. Bank Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

judul : STRATEGI PEMBERDAYAAN BMT DAN ALTERNATIF MEMBANGUN EKONOMI SYARIAH MENURUT ETIKA ISLAM
judul : STRATEGI PEMBERDAYAAN BMT DAN ALTERNATIF MEMBANGUN EKONOMI SYARIAH MENURUT ETIKA ISLAM
judul : STRATEGI PEMBERDAYAAN BMT DAN ALTERNATIF MEMBANGUN EKONOMI SYARIAH MENURUT ETIKA ISLAM

No comments:

Post a Comment